Tasyakuran massal dan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 H

Bupati dan Ketua DPRD Kab. Purbalingga serta Forkopimcam Kalimanah dalam acara Tasyakuran massal Desa Blater

Berangkat dari rasa syukur karena pandemi covid-19 yg semakin mereda, serta semakin bertambahnya jumlah warga Desa Blater yang sudah divaksin covid-19, baik itu dosis 1, dosis 2 maupun booster. Ditambah rasa rindu adanya acara massal yang melibatkan sebagian besar bahkan seluruh warga masyarakat Desa Blater, Kepala Desa Blater berinisiatif untuk mengadakan acara tasyakuran massal dan pagelaran wayang kulit.

Karena momen yang dirasa paling dekat dan paling sesuai dengan tema kegiatan adalah tahun baru islam, maka dipilihlah waktu pelaksanaan acara yaitu pada hari Selasa 2 Agustus 2022.

Setelah melalui berbagai macam persiapan, mulai dari pembentukan panitia, koordinasi dengan berbagai pihak terkait, persiapan tempat, dan persiapan lainnya, acara tasyakuran massal yang dimulai ba’da ashar dihadiri oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ, MM, Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga HR Bambang Irawan, SH serta forkopimcam Kalimanah alhamdulillah berjalan dengan lancar. Selain itu yang terpenting adalah warga masyarakat Desa Blater yang sangat antusias dalam mengikuti acara ini menambah kemeriahan serta menjadi kenangan tersendiri.

sedikit gambaran antusiasme warga Desa Blater

Untuk acara pagelaran wayang kulit di malam harinya, menampilkan Dalang Muda asli warga Blater Ki Dalang Lulut Ardiyanto dengan lakon “Gatotkaca Krida”. Bagi yang belum menyaksikan atau ingin menyaksikan kembali, bisa dilihat di channel youtube Rakafm Purbalingga. -adminR

penampilan Dalang Muda Ki Lulut Ardiyanto

Musdesus Penentuan Penerima BLT DD tahun 2022

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 94/PMK.07/2021, Bantuan Langsung Tunai Desa yang selanjutnya disebut BLT Desa adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di Desa yang bersumber dari Dana Desa untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dana Desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk menentukan calon keluarga penerima manfaat BLT DD, Pemerintah Desa menyelenggarakan musyawarah desa khusus (musdesus) pada Kamis 20 Januari 2022 pukul 20.00 WIB di Pendopo Balai Desa Blater, dengan mengundang seluruh Ketua RT dan RW di wilayah Desa Blater, Ketua BPD beserta anggotanya, perwakilan masyarakat, perwakilan lembaga desa, pendamping desa, babinsa dan babinkamtibmas, serta forkopincam Kalimanah. -adminR

Rapat Konsultasi PKK Desa Blater Tahun 2022

Tim Penggerak PKK Desa Blater telah melakukan rapat konsultasi dengan perwakilan Tim Penggerak PKK Kecamatan Kalimanah pada hari Rabu 2 Maret 2022 di Pendopo Balai Desa Blater. Peserta Rakon terdiri dari seluruh Tim Penggerak PKK Desa Blater dan Tim Penggerak PKK RT Desa Blater.

Dalam sambutannya Kepala Desa Blater memberikan semangat kepada seluruh Tim Penggerak PKK yang hadir dalam menjalankan program kerjanya, karena PKK merupakan ujung tombak pembangunan. Kegiatan rapat konsultasi ini dilaksanakan tiap tahun untuk merencanakan dan mengevaluasi program kerja Tim Penggerak PKK Desa Blater. Setelah pengurus Tim Penggerak PKK Desa Blater memaparkan seluruh program kerjanya, Tim Penggerak PKK Kecamatan Kalimanah mengevaluasi  dan mengecek administrasi dari masing-masing program kerja.

Rapat Konsultasi Rencana Program Kerja  PKK Desa Blater Tahun 2022 ini sebagai forum koordinasi dan konsultasi antara PKK Desa dengan PKK Kecamatan, untuk mengetahui dan mencermati permasalahan yang timbul dan mengupayakan pemecahan permasalahannya, serta untuk menyusun Program Kerja PKK Desa Blater Tahun 2022. Menjalin silaturahmi dan komunikasi serta merumuskan perencanaan program PKK yang lebih partisipatif, inovatif dan lebih banyak lagi memberikan kontribusi terhadap masyarakat.

Tujuan dari Rapat ini antara lain agar pencapaian program kerja PKK Desa Blater sesuai sasaran yang diharapkan; sebagai wadah penyerapan informasi dari bawah dalam rangka menciptakan kesamaan, pemahaman, dan pengertian gerakan PKK untuk peningkatan kualitas program kerja PKK; serta menjalin kerjasama dan kemitraan yang efektif untuk memotivasi para kader dalam melaksanakan kegiatan PKK. -adminR

TP PKK Kecamatan Kalimanah dalam Rapat Konsultasi TP PKK Desa Blater
Kepala Desa Blater dalam sambutannya di acara rakon TP PKK Desa Blater tahun 2022

Monumen Tugu Juang Desa Blater

Monumen Perjuangan Desa Blater, sebuah bangunan sederhana berbentuk tugu dengan tinggi sekitar 3,5 meter. Keberadaannya jarang diketahui tetapi sebenarnya terletak di pinggir jalan raya penghubung kabubaten Banyumas dengan Kabupaten Purbalingga, tepatnya jalan mayjend sungkono desa Blater.

Dalam bangunan yang menyerupai tugu tersebut masih tertempel prasasti yang mempunyai makna penting dan masih menggunakan ejaan lama dan diperkirakan sudah puluhan tahun.

Prasasti tersebut bertuliskan  :

TOEGOE JOEANG BLATER,

KAMIS WAGE 31 DJOELI 1947

WASITA SUCI KUSUMA NEGARA

Pelatihan Website Desa

 

Pada hari ini Kamis tanggal 03 Mei 2018 diadakan kegiatan Pelatihan Website Desa, Kabupaten Purbalingga yang bertempat di Ruang Rapat A Gedung Setda Kabupaten Purbalingga yang diikuti 20 desa se Kabupaten Purbalingga.