Monumen Tugu Juang Desa Blater

Monumen Perjuangan Desa Blater, sebuah bangunan sederhana berbentuk tugu dengan tinggi sekitar 3,5 meter. Keberadaannya jarang diketahui tetapi sebenarnya terletak di pinggir jalan raya penghubung kabubaten Banyumas dengan Kabupaten Purbalingga, tepatnya jalan mayjend sungkono desa Blater.

Dalam bangunan yang menyerupai tugu tersebut masih tertempel prasasti yang mempunyai makna penting dan masih menggunakan ejaan lama dan diperkirakan sudah puluhan tahun.

Prasasti tersebut bertuliskan  :

TOEGOE JOEANG BLATER,

KAMIS WAGE 31 DJOELI 1947

WASITA SUCI KUSUMA NEGARA

3 Replies to “Monumen Tugu Juang Desa Blater”

  1. Monumen Tugu Juang Desa Blater, merupakan cagar budaya sejarah perjuangan para Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini perlu kiranya dipublikasikan dan dirawat sedemikian rupa. Sehingga generasi penerus di era Milenial ini, mengerti dan paham akan arti sebuah perjuangan untuk meraih kemerdekaan. Hari ini dan seterusnya, sudah barang tentu, kaum milenial bergerak dan berupaya mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif. Guna mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing. Tidak hanya berpangku tangan atau bahkan acuh tak acuh terhadap bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia. Jayalah terus Masyarakat desa Blater khususnya. Dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.